Penyakit Maag

Gastritis

Sesuai dengan asal katanya sakit maag berasal dari kata bahasa Belanda yang artinya adalah lambung sedangkan kata lain dari maag  adalah gastritis berasal dari bahasa Yunani “gastro” yang berarti perut atau lambung, dan “itis” yang berarti inflamasi atau peradangan. Dalam istilah kedokteran penyakit maag atau gastritis dikenal dengan istilah dyspepsia yang berarti kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan imflamasi atau peradangan pada mukosa lambung hingga terasa nyeri dan panas pada bagian ulu hati. Jika hal ini diabaikan akan memicu erosi mukosa lambung (terkikisnya lapisan dinding lambung).

Gejala Penyakit Maag Yang Sering Timbul

Sakit maag adalah penyakit yang lazim terjadi pada masyarakat, hal ini terjadi karena kecenderungan pola makan dan waktu makan yang tidak teratur dan tidak sehat sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang.  Jenis makanan dan waktu makan (terlambat makan) bahkan stres dapat mempengaruhi meningkatnya kadar asam lambung. Jika hal ini terjadi maka akan dengan sangat mudah dikenali gejalanya seperti berikut ini :

  1. Sering mengalami rasa nyeri dan perih pada lambung dan ulu hati.
  2. Perut kembung jika terlambat makan  dan merasakan rasa nyeri pada perut sehabis makan
  3. Sering Mual dan kadang disertai muntah-muntah
  4. Sering sendawa, terutama jika dalam keadaan lapar
  5. Nafsu makan menurun, wajah pucat, keringat dingin, dan  kepala pusing.

Gastritis yang terjadi tiba-tiba (akut) biasanya mempunyai gejala mual dan sakit pada perut bagian atas. Sedangkan gastritis kronis yang berkembang secara bertahap biasanya mempunyai gejala seperti sakit yang ringan pada perut bagian atas dan terasa penuh atau kehilangan selera. Bagi sebagian orang, gastritis kronis tidak menyebabkan apapun. Kadang, gastritis dapat menyebabkan pendarahan pada lambung, tapi hal ini jarang menjadi parah kecuali bila pada saat yang sama juga terjadi borok pada lambung. Pendarahan pada lambung dapat menyebabkan muntah darah atau terdapat darah pada feces dan memerlukan perawatan segera.

Karena gastritis merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit pencernaan dengan gejala-gejala yang mirip antara satu dengan yang lainnya, menyebabkan penyakit ini mudah dianggap sebagai penyakit lainnya seperti:

  • Gastroenteritis. Juga disebut sebagai flu perut (stomach flu), yang biasanya terjadi akibat infeksi virus pada usus. Gejalanya meliputi diare, kram perut dan mual atau muntah, juga ketidaksanggupan untuk mencerna. Gejala dari gastroenteritis sering hilang dalam satu atau dua hari sedangkan untuk gastritis dapat terjadi terus menerus.
  • Heartburn. Rasa sakit seperti terbakar yang terasa di belakang tulang dada ini biasanya terjadi setelah makan. Hal ini terjadi karena asam lambung naik dan masuk ke dalam esophagus (saluran yang menghubungkan antara tenggorokan dan perut). Heartburn dapat juga menyebabkan rasa asam pada mulut dan terasa sensasi makanan yang sebagian sudah dicerna kembali ke mulut.
  • Stomach Ulcers. Jika rasa perih dan panas dalam perut terjadi terus menerus dan parah, maka hal itu kemungkinan disebabkan karena adanya borok dalam lambung. Stomach (peptic) ulcer atau borok lambung adalah luka terbuka yang terjadi dalam lambung. Gejala yang paling umum adalah rasa sakit yang menjadi semakin parah ketika malam hari atau lambung sedang kosong. Gastritis dan stomach ulcers mempunyai beberapa penyebab yang sama, terutama infeksi H.pylori. Penyakit ini dapat mengakibatkan terjadinya gastritis dan begitu juga sebaliknya.
  • Nonulcer Dyspepsia. Merupakan kelainan fungsional yang tidak terkait pada penyakit tertentu. Penyebab pasti keadaan ini tidak diketahui, tetapi stress dan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, makanan pedas atau makanan berlemak diduga dapat mengakibatkan keadaan ini. Gejalanya adalah sakit pada perut atas, kembung dan mual.

Beberapa penyebab penyakit maag

Penyakit maag merupakan gejala penyakit akibat faktor yang merusak pertahanan mukosa lambung lebih besar daripada faktor yang melindungi pertahanan mukosa lambung. Berikut ini beberapa penyebab penyakit maag :

  • Pola dan gaya hidup tidak sehat seperti sering menonton TV dengan camilan kaya karbohidrat, lemak, dan kalori disertai minuman bersoda atau minuman berenergi bahkan rokok
  • Tidak suka olah raga
  • Langsung tidur setelah makan (baiknya min. 2 jam setelah makan)
  • Pola makan dengan gizi tidak seimbang
  • Pola waktu makan tidak teratur
  • Mengkonsumsi makanan berlemak, pedas dan asam secara berlebihan sehingga merangsang produksi asam lambung
  • Kecanduan kopi berlebihan, minum kopi dengan perut kosong,
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama  seperti aspirin, (pada dasarnya setiap penggunaan obat kimia yang sering atau rutin akan mengikis dinding organ lambung)
  • Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang baik hasil peragian alami maupun penambahan alkohol kimia.
  • Merokok, pada umumnya perokok merasa cukup memenuhi nafsu makannya dengan merokok
  • Terbiasa berpikiran negatif, cemas berlebihan, stres, kelelahan otak, sering begadang, tekanan emosional berlebihan, sering kurang tidur atau bahkan penderita insomnia

Toksin Sebagai Salah Satu Sumber Masalah Organ Pencernaan :

  • Air : air PDAM dengan klorin dan kaporit , minuman berenergi (sifat kimiawi), minuman bersoda, dan lain-lain.
  • Makanan :  makanan mengandung zat kimia berbahaya seperti borax, pengawet kimia, pewarna tekstil sebagai penambah warna dalam makanan, menggoreng dengan plastik; makanan dengan komposisi tidak seimbang antara serat, daging, kacang-kacangan, dan buah-buahan sesuai kebutuhan tubuh.
  • Menurut penelitian yang dilakukan para ahli berkesimpulan bahwa ternyata pikiran negatif menstimulasi otak untuk memproduksi suatu bentuk hormon yang dapat memicu ketidakseimbangan cairan mukosa organ lambung.
  • Gaya hidup yang telah dipaparkan dalam sebagai penyebab sakit maag di atas.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari

  • Bubur, kue, dan makanan yang gampang dicerna dan tidak kaya serat.
  • Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, talas, serta dodol
  • Kopi, anggur putih, susu dan sari buah sitrus bisa memicu keluarnya asam lambung.
  • Cuka, merica dan cabai serta makanan pedas lainnya dapat merangsang perut dan merusak dinding lambung.
  • Makanan berlemak, kue tar, keju dan cokelat sulit dicerna sehingga memperlambat proses pengosongan lambung sehingga terjadi radang lambung.
  • Cokelat, alkohol, gorengan dan makanan yang mengandung lemak yang tinggi bisa menyebabkan melemahnya klep kerongkongan bawah sehingga cairan lambung bisa naik ke kerongkongan.
  • Menghindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung serat dan gas yakni antara lain sebagai berikut: sayuran seperti kol dan sawi, buah nangka dan pisang ambon, buah kedondong serta buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

Tingkatan Penyakit Maag

Berikut beberapa tingkatan dalam penyakit maag :

  • Maag ringan tergolong dalam tahap penyakit maag yang ringan karena orang-orang biasa berada di tahap ini. Kita mungkin tidak menyadarinya namun apabila dilakukan pemeriksaan terhadap lambung maka kita akan bisa melihat pada bagian dinding lambung terdapat asam lambung berlebih. Pada tahap ini dapat pula menyebabkan terjadinya konstipasi atau sembelit.
  • Maag sedang bisa mengakibatkan sakit, nyeri, dan mual yang menyakitkan dirasakan oleh penderita tingkatan maag yang ini. Dalam kondisi tertentu, naiknya cairan lambung ke tenggorokan dapat menyebabkan migrain apalagi jika pasokan oksigen ke otak tidak tersuplai dengan baik.
  • Maag kronis adalah tingkatan penyakit maag yang sudah parah jika dibandingkan dengan tahapan penyakit maag biasa bahkan dapat berlanjut ke ambeyen atau wasir atau bahkan kanker di organ pencernaan seperti usus.
  • Kanker lambung bisa terjadi karena infeksi mikroorganisme seperti Helycobacter pylori.
  • Dalam kondisi tertentu cairan mukosa lambung dapat merembes melalui dinding atau lapisan lambung yang sudah tipis ke usus dan menyebabkan usus menjadi bolong.

Solusi Produk dari K-Link Untuk Masalah Maag / Gastritis

AYULAX

Ayu Lax                     [Cleansing]

Ayu Lax, salah satu dari rangkaian pengobatan herbal ayurveda yang berasal dari India, merupakan ramuan khusus untuk membersihkan usus besar yang berfungsi menyerap sari-sari makanan yang berguna bagi tubuh, membantu masalah sembelit, dan membuang toksin-toksin dari usus besar.

chlorophyll 2013Chlorophyll               [Balancing]

Chlorophyll memiliki fungsi utamanya melakukan pembersihan sistem pencernaan, darah, membunuh bakteri, mencegah infeksi, dan detoksifikasi (Cleansing), menyeimbangkan kadar asam dan alkali dalam tubuh (Balancing), dan meregenerasi sel darah merah dan menstimulasi regenerasi sel tubuh (Activating). [Klik di sini untuk detil produk]

BiogreenBiogreen                   [Balancing]

Biogreen merupakan makanan organik khusus yang mengandung 58 jenis bahan yang unik dan kaya akan serat yang diperlukan dalam proses pencernaan terdiri dari kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, rumput laut, serta bifido-bactery dan enzim makanan yang berperan penting dalam tubuh manusia untuk membersihkan, mendetoksifikasi, meremajakan, mengembalikan fungsi–fungsi organ penting, dan menjaga daya tahan tubuh. Biogreen efektif membantu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh yang banyak diderita penderita kolesterol, trigliserid, lemak darah, jantung, dan stroke.

Colostrum

Colostrum                [Balancing + Activating]

Colostrum merupakan produk yang sangat baik memperbaiki masalah pencernaan, meningkatkan imunitas, dan membantu regenerasi sel-sel tubuh. Colostrum mengandung sejumlah senyawa yang mempengaruhi lebih dari 50  proses dalam tubuh. Colostrum tidak memiliki kandungan lemak yang dapat memicu ketidakstabilan asam lambung, sehingga aman dikonsumsi penderita maag/ gastritis. Colostrum pun baik sekali untuk masa pertumbuhan karena kaya akan DHA yang berguna bagi pertumbuhan otak dan sistem saraf.

Catatan : 

Jika sudah komplikasi atau dalam kondisi tertentu, maka perlu ditambah produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Konsultasikan dengan konsultan kesehatan kami untuk penggunaan produk yang efektif sesuai dengan kebutuhan anda.

pemesanan arief

For International order, please contact me through WhatsApp/ Blackberry/ Email

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s